Home / Uncategorized / Pelaksanaan Supervisi Akademik (Kurikulum Merdeka) Semester Genap TP 2024/2025 MTs Negeri I Manado

Pelaksanaan Supervisi Akademik (Kurikulum Merdeka) Semester Genap TP 2024/2025 MTs Negeri I Manado

Manado/14/05/2025,- Kegiatan Supervisi Akademik (Kurikulum Merdeka) Semester Genap TP 2024/2025 MTs Negeri 1 Manado mulai dilaksanakan hari rabu 14 mei 2025. sebagaimana di ketahui bahwa Kegiatan Supervisi ini merupakan agenda yang dituangkan dalam program semester dan tahunan MTSN 1 Manado berpedoman pada KMA Nomor 624 Tahun 2021 Tentang Supervisi Pembelajaran Pada Madrasah.

Gambar WhatsApp 2025-05-14 pukul 09.38.58_22b932d6

kegiatan wawancara setelah supervisi

Supervisi Pembelajaran pada madrasah bertujuan untuk mewujudkan penjaminan, pengendalian, dan perbaikan mutu pembelajaran sesuai dengan tuntutan kompetensi abad-21. Adapun Sasaran supervisi pembelajaran pada madrasah adalah satuan pendidikan madrasah dan pemangku kepentingan lainnya dalam melaksanakan supervisi pembelajaran di madrasah, yang dimana Ruang lingkup supervisi pembelajaran meliputi supervisi perencanaan, pelaksanaan, penilaian dan analisis serta tindak lanjut hasil supervisi pembelajaran.

IMG-20250515-WA0223

Proses penilaian dalam kegiatan supervisi madrasah

Sebagai gambaran umum bahwa Prinsip Supervisi Pembelajaran meliputi :

Manfaat
Berorientasi pada hasil (untuk peningkatan kualitas pembelajaran)

Adaptif
Pendekatan, teknik, dan model supervisi dilakukan dengan menyesuaikan dan memperhatikan pada kemampuan dan kondisi guru yang disupervisi untuk meningkatkan mutu pembelajaran.

Praktis
Praktis untuk dilaksanakan, tidak memberatkan guru yang disupervisi, dan bisa memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi

Demokratis
Menjunjung tinggi azas musyawarah dan memiliki jiwa kekeluargaan

Kolaboratif
Kerjasama yang saling memberdayakan sehingga tercipta suasana yang menyenangkan

Konstrukstif
Membangun inisiatif dan motivasi guru untuk menciptakan suasana pembelajaran yang aman dan nyaman bagi peserta didik.

Evaluatif
Supervisi dikembangkan lebih pada deskripsi kualitatif yang bersifat evaluatif terhadap pembelajaran yang dilakukan oleh guru.

Humanis
Mencipatakan hubungan yang harmonis, terbuka, jujur, ajeg, sabar, antusias.

Berkesinambungan
Supervisi dilakukan secara terencana, teratur dan berkelanjutan.

(Humas-Marjan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *